Kurikulum

 STRUKTUR KURIKULUM 

PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK PERTANIAN

FAKULTAS
TEKNOLOGI PERTANIAN

UNIVERSITAS
UADAYANA

 

Mata Kuliah Semester I

 

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Prasyarat

1

FTPN004

Bahasa Indonesia

2

 

2

FTPL005

Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

2

 

3

FTPL006

Pengantar Teknologi Pertanian

2

 

4

FTPL007

Bahasa Inggris

2

 

5

TEPN101

Matematika

2

 

6

TEPN102

Pengetahuan Bahan Teknik

2

 

7

TEPN103

Manajemen Agroindustri

3

 

8

TEPN104

Termodinamika

2

 

9

TEPN105

Ilmu Pertanian dan Biosistem

3

 

Jumlah

20

 

 

Mata Kuliah Semester II

 

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Prasyarat

1

FTPN001

Agama

2

 

2

FTPN002

Pancasila

2

 

3

TEPN206

Lingkungan Pertanian dan Biosistem

3

 

4

TEPN207

Kalkulus

3

 

5

TEPN208

Mekanika Fluida

3

 

6

TEPL209

Riset Operasional

3

 

7

TEPN210

Gambar Teknik

2

 

8

TEPN211

Pindah Panas

2

 

Jumlah

20

 

 

Mata Kuliah Semester III

 

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Prasyarat

1

FTPL008

Ekonomi Teknik

2

 

2

TEPN312

Perbengkelan dan Ergonomika

3

Pengetahuan Bahan Teknik

3

TEPN313

Mekanika Teknik

3

 

4

TEPN314

Matematika Teknik

3

Matematika

5

TEPN315

Klimatologi dan Hidrologi

4

 

6

TEPN316

Analisis Sistem

3

 

7

TEPN317

Sumber Tenaga Pertanian

2

 

Jumlah

20

 

 

 

Mata Kuliah Semester IV

 

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Prasyarat

1

FTPL009

Metode Ilmiah

2

 

1

TEPL418

Sistem dan Manajemen Keteknikan Pertanian

3

Manajemen Agroindustri

2

TEPN419

Pengukuran dan Instrumentasi

3

 

3

TEPN420

Teknik irigasi dan Drainase

3

Ilmu Pertanian dan Biosistem, Lingkung­an Pertanian dan Biosistem, dan
Klima­tologi dan Hidrologi

4

TEPL421

Teknik Pengolahan Hasil Pertanian

3

 

5

TEPN422

Pemograman Komputer

3

 

6

TEPL423

Teknik Pemetaan Lahan

3

 

Jumlah

20

 

 

Mata Kuliah Semester V

 

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Prasyarat

1

FTPN003

Kewarganegaraan

2

 

2

TEPL524

Teknik Pengolahan Pangan

3

Pindah Panas

3

TEPL525

Teknik Irigasi Subak

3

Teknik irigasi dan Drainase

4

TEPN526

Rancangan Teknik

3

Mekanika Teknik

5

TEPN527

Mekatronika

3

 

6

TEPN528

Sistem Kontrol dan Otomatisasi

3

 

7

TEPL529

Manajemen Rantai Pasok Pertanian

3

Manajemen Agroin­dustri, dan Analisis Sistem

Jumlah

20

 

 

Mata Kuliah Semester VI

 

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Prasyarat

1

FTPL010

Kewirausahaan

3

Ekonomi Teknik

2

TEPN630

Energi dan Elektrifikasi

3

 

3

TEPL631

TIK dalam bidang Pertanian

2

Mekatronika

4

TEPL632

Sistem Manajemen Mutu

2

 

5

TEPL633

Alat dan Mesin Pertanian

3

 

6

TEPL634

Statistika dan Rancangan Percobaan

3

Metode Ilmiah, dan Matematika

7

 

Mata Kuliah Pilihan I

3

 

Jumlah

19

 

 

 

Mata Kuliah Semester VII

 

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Prasyarat

1

FTPL011

Praktek Kerja Lapangan (PKL)

2

 

2

FTPL012

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

3

 

3

TEPL737

Fisiologi dan Teknik Pascapanen Hortikultura

4

 

4

TEPL738

Sistem Informasi Geografis

3

 

5

TEPL739

Usulan Penelitian

1

TEPL634

6

TEPL740

Studi Lapangan

1

 

7

 

Mata Kuliah Pilihan II

6

 

Jumlah

20

 

 

Mata Kuliah Semester VIII

 

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Prasyarat

1

FTPL013

Seminar Hasil Penelitian

1

 

2

FTPL014

Skripsi

6

 

Jumlah

20

 

Jumlah
total sks yang harus diambil

146

 

 

Mata Kuliah Pilihan I

 

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Prasyarat

1

TEPL635

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

3

 

2

TEPL636

Konservasi Lahan Pertanian

3

 

3

TEPL637

Analisis Mutivariat

3

 

4

TEPL638

Analisis Rantai Nilai

3

 

5

TEPL639

Teknik Pendinginan dan Pembekuan

3

 

6

TEPL640

Teknik Pengeringan

3

 

 

Mata Kuliah Pilihan II

 

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Prasyarat

1

TEPL741

Teknik Konversi Energi

3

 

2

TEPL742

Ergonomi Pertanian

3

 

3

TEPL743

Teknik Pengolahan Limbah Pertanian

3

 

4

TEPL744

Teknik Greenhouse dan Fertigasi

3

 

5

TEPL745

Audit Energi

3

 

6

TEPL746

Penginderaan Jarak Jauh

3

 

7

TEPL747

Teknik Pengemasan

3

 

8

TEPL748

Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan

3

 

9

TEPL749

Teknik Pengolahan Hasil Perikanan

3

 

10

TEPL750

Retail Produk Segar

3

 

 

 

Deskripsi Mata
Kuliah

Deskripsi Mata Kuliah
Semester I

FTPN004
Bahasa Indonesia                                                                        2(2-0)

Mata Kuliah Bahasa Indonesia dirancang agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar baik secara lisan maupun tulisan untuk mampu menggunakan bahasa Indonesia untuk memperkaya pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah ke dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang berkualitas dan mampu memanfaatkan kemahiran dalam berbahasa Indonesia untuk mengembang­kan kompetensi diri. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut mahasiswa akan mempelajari tentang logika bahasa, struktur bahasa, morfologi, sintaksis dan sematik, ragam ejaan, pilihan kata dan sinonim, kapita selekta kesalahan-kesalahan penggunaan bahasa sehari-hari, kalimat efektif dalam penulisan ilmiah, alenia dan isinya, kesinambungan dan isinya dalam satu sub bab atau bab.

 

FTPN105 Ilmu Sosiologi
dan Budaya Dasar                                         2(2-0)

Mata Kuliah Ilmu Sosiologi dan Budaya Dasar disusun agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep tentang sikap dan tata nilai untuk mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain serta mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut mahasiswa akan mempelajari tentang pola kebudayaaan, proses sosial, kelembagaan sosial, sistem dan status dan pelayanan masyarakat, pola komunikasi sosial, pola adaptasi dan perubahan sosial demografis, maksud dan tujuan sosiologi masyarakat, beberapa program pembagian komunikasi dari perubahan teknologi masyarakat, budaya kerja keras dan semangat berusaha.

 

FTPN006
Pengantar Teknologi Pertanian                                            2(2-0)

Mata Kuliah Pengantar Teknologi Pertanian dirancang agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai pengetahuan tentang latar belakang dinamika perkembangan ilmu teknologi pertanian, aspek-aspek penanganan dan pengolahan hasil pertanian. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut mahasiswa akan mempelajari tentang kontribusi teknologi pertanian dalam pembangunan nasional, serta prospek lulusan teknologi pertanian di duni akerja. Mahasiswa juga akan mempelajari tentang kecemderungan perubahan global dan pengaruhnya terhadap sistem pangan dalam konteks global, nasional dan regional, mempelajari tentang perkembanga teknologi pertanian sebagai respon terhadap kondisi lingkungan dan dinamika permintaan kosumen. 

 

FTPN007
Bahasa Inggris                                                                              2(2-0)

Mata Kuliah Bahasa Inggris dirancang agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai pengetahuan tentang penggunaan bahasa inggiris yang baik dan benar baik lisan maupun tertulis untuk mampu menggunakan bahasa inggris dalam berbagai keperluan di dunia kerja serta mampu berkomunikasi secara efektif. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang Penguasaan susunan kalimat dari 2000-3000 kata, latihan dan tata bahasa, penguasaan bahasa dan ungkapan secara lisan dan tulisan, elementary dan vocabulary yang berhubungan dengan teknologi pertanian, kalimat-kalimat yang dipakai dalam scientific English, memberikan keterampilan untuk membaca literature dalam bahasa Inggris.

 

TEPN101
Matematika Dasar                                                                        2(2-0)

Mata Kuliah Matematika Dasar dirancang agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai pengetahuan tentang peran matematika dalam bidang keteknikan pertanian serta mampu memperhitungkan secara lebih terukur. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut mahasiswa akan mempelajari tentang Himpunan, operasi himpunan dan diagram Venn, pengertian fungsi, fungsi kontinu dan fungsi diskontinu, pengertian limit dan aplikasinya, turunan pertama, kedua ketiga, turunan tingkat tinggi, turunan implisit, turunan sebagian, pengertian integral terbatas, integral tak terbatas dan aplikasinya, mempelajari persamaan differensial, gradient, persamaan garis singgung, nilai maksimum dan minimum, serta titik belok, matriks, penjumlahan dan perkalian matriks, determinan matriks dan transformasi matriks, vektor, penjumlahan dan perkalian vektor.

 

TEPN102
Pengetahuan Bahan Teknik                                                    2(2-0)

Mata Kuliah Ilmu Sosiologi dan Budaya Dasar dirancang agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai tentang berbagai jenis bahan (material) dan penggunaannya untuk mampu memilih dan menggunakan bahan sesuai keperluan pada berbagai kegiatan rancangbangun peralatan dan mesin pertanian serta mampu mengembangkan bidang kewirausahaan yang sekaligus sebagai pelaku utama. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang pengenalan bahan teknik dan kegunaannya secara umum berdasarkan sifat-sifat yang dimilikinya, desain produk, pemilihan proses dan material, tahapan pemilihan material, standar mutu bahan-bahan teknik.

 

TEPN103 Manajemen
Agroindustri
                                                         3(2-1)

Mata Kuliah Manajemen Agroindustri ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini;
menguasai teori tentang manajemen industri agro dalam kerangka sistem industri terintegrasi dan berkelanjutan untuk mampu mengidentifikasi jenis-jenis industri agro unggulan nasional maupun daerah, memetakan permasalahan kunci dan merumuskan solusi penyelesaian berbagai hambatan (bottleneck) dalam rangka menyusun strategi perencanaan pengembangan industri agro di daerah berbasis komoditi dan kawasan. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang konsep agribisnis modern, konsep sistem pertanian berkelanjutan, konsep sistem industri terintegrasi, identifikasi industri agro unggulan nasional dan daerah, strategi pengembangan industri agro, menyusun pohon industri berbasis komoditi, peningkatan produktivitas dan dayasaing industri agro
.

 

TEPN104 Termodinamika                                                                            2(2-0)

Mata Kuliah Termodinamika dirancang agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai pengetahuan tentang penerapan hokum termodinamika dalam bidang keteknikan pertanian serta mampu memperhitungkan secara lebih terukur. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut mahasiswa akan mempelajari tentang hukum Termodinamika I dan hukum kekekalan massa, sifat-sifat bahan padat, cair dan gas, gas ideal dan panas jenis, proses dalam sistem, hukum Termodinamika II, daur carnot dan entropi.

 

TEPN105 Ilmu Pertanian dan Biosistem                                               3(2-1)

Mata Kuliah Ilmu Pertanian dan Biosistem ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah
ini menguasai ilmu pertanian dan biosistem, mampu mengidentifikasi kebutuhan pasar dan atau stakeholders sektor pertanian, merumuskan persoalan, serta menawarkan solusi, dan mampu mengeksplorasi beragam inovasi yang mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan dibidang pertanian. Di samping itu, mahasiswa dapat menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. Untuk mencapai capaian pembelajaran tersebut, maka maka mahasiswa akan mempelajari tentang pengetahuan ilmu pertanian umum (difinisi/pengertian, ruang lingkup, peran pertanian bagi kehidupan, sejarah), faktor tanaman (jaringan, organ yang berperan dalam penyerapan air dan hara oleh tanaman), faktor penentu produksi pertanian pra panen (faktor-faktor yang terlibat dalam produksi pertanian) dan kendala-kendala dalam produksi pertanian, faktor teknik
budidaya, pertanian berkelanjutan, pengantar agribisnis, pembangunan pertanian modern, kelembagaan pertanian
dan koperasi pertanian, strategi pengembangan pertanian, ketahanan pangan.

 

Deskripsi
Mata
Kuliah Semester II

FTPN001I
Agama Islam
                                                                                2(2-0)

Mata Kuliah Agama Islam dirancang agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep tentang sikap dan tata nilai untuk mampu bersikap, berprilaku, berkomunikasi sesuai etika profesi keteknikan serta norma-norma kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, mampu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; serta mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang Pengkajian alam, khalik, rasul, amal sholeh dan islam dalam disiplin ilmu, menumbuhkan dan meningkatkan keimananan dan
ketakwaan, pengertian, kedudukan dan perkembangan agama Islam, Al Qur’an sebagai sumber pengetahuan, aqudah. Syariah dan akhlak, Islam dan kaitannya dengan pembangunan nasional dan dunia.

 

FTPN001K
Agama Kristen Katholik
                                                        2(2-0)

Mata Kuliah Kristen Katholik dirancang agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep tentang sikap dan tata nilai untuk mampu bersikap, berprilaku, berkomunikasi sesuai etika profesi keteknikan serta norma-norma kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, mampu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; serta mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang Peningkatan pemahaman konsep beriman dalam gereja, hidup menggereja dan memasyarakat dalam rangka pengembangan sikap sikap mentalis pribadi sarjana katholik yang dapat membaktikan dirinya bagi kepentingan masyarakat Indonesia sebagai ungkapan imamnya.

 

FTPN001P
Agama Kristen Protestan
                                                       2(2-0)

Mata Kuliah Kristen Protestan dirancang agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep tentang sikap dan tata nilai untuk mampu bersikap, berprilaku, berkomunikasi sesuai etika profesi keteknikan serta norma-norma kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, mampu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; serta mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang Melengkapi manusia agar tumbuh dan membentuk diri pribadi seutuhnya sebagai manusia ciptaan baru dalam Yesus Kristus, yang dewasa dan bertanggung jawab terhadap Allah, sesame manusia dan lingkungannya. Karena itu bersedia mengabdikan seluruh hidupnya dengan segala pekerjaan ilmiahnya untuk kepentingan sesamapada segala aspek dan lapangan hidup dimana ia melayani untuk hormat dan kemuliaan Allah.

 

FTPN001H
Agama Hindu
                                                                             2(2-0)

Mata Kuliah Agama Hindu dirancang agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep tentang sikap dan tata nilai untuk mampu bersikap, berprilaku, berkomunikasi sesuai etika profesi keteknikan serta norma-norma kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, mampu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; serta mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang Pemahaman dan penghayatan keagamaan yang mantap, mempertebal keyakinan, keimanan dan kebaktian seorang sarjana yang beragama hindu kepada Sang Hyang Widhi Wasa/ Tuhan Yang Maha Esa sehingga mampu mengendalikan diri dalam berpikir, berbicara dan berbuat dalam pengabdiannya terhadap nusa, bangsa dan Negara dalam rangka pelestarian dan pembudayaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 guna menunjang pembangunan nasional dan tercapainya tujuan hidup manusia.

 

FTPN001B
Agama Budha
                                                                             2(2-0)

Mata Kuliah Agama Budha dirancang agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep tentang sikap dan tata nilai untuk mampu bersikap, berprilaku, berkomunikasi sesuai etika profesi keteknikan serta norma-norma kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, mampu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; serta mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang Pemahaman dan penghayatan serta pengamalan sila Ketuhanan Yang Maha Esa, Dharma dan kebaktian untuk mempertebal iman (soddha) dalam menjaga kelangsungan hidup agama, bangsa dan Negara yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Materi ajaran agama Budha serasi dan selaras dengan P4.

 

FTPN002 Pancasila                                                                                        2(2-0)

Mata Kuliah Pancasila dirancang agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep tentang sikap dan tata nilai untuk mampu menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan
etika serta mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Untuk dapat
mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari
tentang
landasan dan tujuan Pendidikan
Pancasila, Sejarah Paham Kebangsaan Indonesia, Pancasila Sebagai Sistem
Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa
dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Kenegaraan Republik Indonesia,
dan Pancasila sebagai paradigma dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

TEPN206 Lingkungan
Pertanian dan Biosistem
                                3(2-1)

Mata Kuliah Lingkungan
Pertanian dan Biosistem ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata
kuliah ini menguasai dasar-dasar keteknikan, menguasai dasar-dasar teknologi
dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan. Untuk mencapai capaian
pembelajaran tersebut, maka mahasiswa akan mempelajari tentang berbagai pengertian/konsep tentang: sistem
tanah yang terbuka dan dinamis, asal usul tanah, karakterisitik (sifat dan ciri
tanah secara fisik dan biologis),
tanah sebagai media tanam, ketersediaan air dalam tanah bagi
tanaman, klasifikasi tanah, tanah
sebagai sumber unsur hara tanaman, sumber dan siklus unsur hara, pergerakan
unsur hara dalam tanah.

 

TEPN
207
Kalkulus                                                                                         3(2-1)

Mata Kuliah Kalkukus ini
dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasasi konsep
tentang matematika perubahan untuk
menguasai dasar-dasar keteknikan, mampu menerapkan pemikiran
logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan
nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Untuk
mencapai capaian pembelajaran tersebut, maka mahasiswa akan mempelajari tentang
tentang Diferensial,
Integral, aplikasi integral untuk perhitungan luas bangun datar, perhitungan
volume menggunakan metoda cincin, metode kulit tabung, metode cakram dan metode
k
erucut.

 

TEPN
208
Mekanika Fluida                                                                        3(2-1)

Mata Kuliah mekanika
Fluida ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai
konsep tentang pergerakan berbagai jenis fluida dalam suatu sistem aliran untuk
mampu
mampu
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
keahliannya.
Untuk mencapai capaian pembelajaran tersebut, maka
mahasiswa akan mempelajari tentang
tentang sifat-sifat fluida, statika Fluida , dinamika Fluida
yang meliputi
aliran fluida, aliran fluida ideal, aliran fluida
kompresibel, aliran fluida nyata di dalam pipa, mesin-mesin fluida, teori
lapisan batas, aliran fluida pada saluran terbuka, analisa dimensi dan
similitude.

 

TEPN
209
Riset Operasional                                                                       3(2-1)

Mata Kuliah Riset
Operasional ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai konsep tentang pengambilan keputusan yang optimal dalam situasi
deterministik, sebagai dasar untuk mampu merumuskan persoalan, serta menawarkan
solusi berdasarkan metode-metode kuantitatif serta mampu mengambil keputusan
secara optimal dalam konteks penyelesaian masalah manajemen operasional di
bdinag agribisnis/industri agro, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan
mempelajari tentang konsep manajemen operasional yang efisien dan efektif,
perencanaan produksi mix, penataan layout ruang produksi, pengaturan penugasan
kerja, pengendalian inventori, skenario pendistribusi
­an
produk dan analisis titik-impas (Break Event Point).

 

TEPN
210 Gambar Teknik
                                                                            2(2-0)

Mata Kuliah Gambar
Teknik ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai konsep tentang penyajian objek dalam bentuk gambar teknik untuk mampu
menerapkan pengetahuan
dasar-dasar teknik gambar teknik dan mampu menunjukkan kinerja mandiri,
bermutu, dan terukur.
Untuk dapat mengembangkan capaian
pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang
gambaran umum Gambar
teknik, Layout dalam CAD, Komponen grafis dalam gambar teknik, Proyeksi dalam
gamber teknik, program CAD, gambar 2D dan 3D dalam CAD, Hidden detailed dan
section, Pemilihan material dalam CAD
.

 

TEPN
211 Pindah Panas
                                                                                2(2-0)

Mata Kuliah Pindah Panas
ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep
tentang perpindahan panas dam suatu sistem keteknikan untuk
mampu menerapkannya dalam
bidang perancangan proses pangan dan mampu menunjukkan kinerja mandiri,
bermutu, dan terukur. Untuk
Untuk mencapai capaian pembelajaran
tersebut, maka mahasiswa akan mempelajari tentang
dasar-dasar pindah panas,
pindah panas Konduksi, Pindah Panas Konveksi, Pindah Panas Radiasi, alat
penukar panas, efektifitas perpindahan panas
.

 

Deskripsi
Mata
Kuliah Semester III

FTPL008
Ekonomi Teknik
                                                                           2(2-0)

Mata Kuliah Ekonomi Teknik
ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini; menguasai
konsep tentang kelayakan finansial dan ekonomi sebagai dasar untuk mampu
mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis ekonomi teknik, serta mampu
melakukan penilian kelayakan terhadap suatu rencana investasi agribisnis tau
industri agro dalam lingkup divisi teknik, operasional dan atau proyek
pengembangan. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka
mahasiswa akan mempelajari tentang konsep nilai waktu dari uang dan ekivalensi,
penurunan derivasi factor konversi, penghitungan nilai sekarang, mendatang dan
nilai anuitet, pemilihan alternatif investasi, pemilihan metode depresiasi
aset, estimasi biaya-perolehan dan penilaian kelayakan investasi.

 

TEPN
312 Perbengkelan dan Ergonomika
                                             3(2-1)

Mata Kuliah Perbengkelan
dan Ergonomika ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai konsep tentang
perbengkelan dan ergonomic untuk mampu mengenal sistem
pengelolaan bengkel pertanian dan pengenalan teknik-teknik pengerjaan dalam
bengkel dan melakukan penyesuaian bersama antara pekerjaan di bengkel dan
manusia secara optimum agar bermanfaat untuk efisiensi.
Untuk
dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan
mempelajari tentang
metode
analisis hubungan fisik antara manusia dan fasilitas kerja. Melalui pebguasaan
materi berupa  Tatacara penggunaan
bengkel pertanian,. Peralatan dan teknik pengerjaan kayu (wood working), Jenis bahan Logam (ferrous dan non-ferrous)
dan logam campuran (Alloy) dan sifat sifat, Pengujian bahan logam, Pemanasan
logam, pemotongan Brazing dan dasar pengelasan, Las Listrik, Las karbid dan
solder,  Pengerjaan pipa,sistim hidrolik
dan pneumatic, Peralatan dan layout bengkel dan ergonomika.

 

TEPN
313 Menakika Teknik
                                                                         3(2-1)

Mata Kuliah Mekanika
Teknik ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai konsep tentang gaya dalam pergeran peralatan dan mesin pertanian
untuk mampu
mengambil
keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang
keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data, mampu bersikap,
berprilaku, berkomunikasi sesuai etika profesi keteknikan serta norma-norma
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Untuk
dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan
mempelajari tentang

konstruksi sendi, jepit dan rol, gaya, diagram gaya geser-shear force
diagram
, momen gaya (bending momen diagram) , Gaya normal (normal force
diagram) dan Tegangan dan Regangan.

 

TEPN
314 Matematika Teknik
                                                                    3(2-1)

Mata Kuliah Mekanika
Teknik ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai konsep tentang penerapan matematika dalam bidang keteknikan untuk
mampu
mampu
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
keahliannya.
Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut
maka mahasiswa akan mempelajari tentang
Persamaan Deferensial linier dan non linier, Deret Taylor,
Persamaan Diferensial Eksak Ilmu ukur dan Rekayasa Persamaan lanjut
.

 

TEPN
315 Klimatologi dan Hidrologi
                                                      3(2-1)

Mata
Kuliah Klimatologi dan Hidrologi ini dirancang untuk mahasiswa setelah
mengikuti mata kuliah ini menguasai dasar-dasar teknologi dalam pengelolaan
sumberdaya alam dan lingkungan, serta mampu mengambil keputusan secara tepat
dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil
analisis informasi dan data. Untuk mencapai capaian pembelajaran tersebut, maka
maka mahasiswa akan mempelajari tentang atmosfer, anasir-anasir iklim
(presipitasi, temperatur, kelembaban udara, penyinaran matahari, angin, dll)
beserta alat pengukurannya, stasiun agroklimatologi, dan analisis data seperti
curah hujan wilayah, klasifikasi iklim. Di samping itu, dipelajari juga tentang
pemahaman hidrologi yang meliputi daur hidrologi, intersepsi, infiltrasi,
perkolasi, evapotranspirasi, aliran permukaan, dan aliran bawah tanah serta
penerapan konsep hidrologi dalam memperkirakan debit banjir.

 

TEPN
316 Analisisa Sistem
                                                                          3(2-1)

Mata Kuliah Analisa
Sistem ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai konsep tentang penyelesaian masalah dengan pendekatan sistem untuk
mampu menemukan permasalahan kunci serta mampu mengusulan tindakan perbaikan
dengan menggunakan paralatan-peralatan analisis sistem dari aspek keteknikan
dan aspek manajerial. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut
maka mahasiswa akan mempelajari tentang pemodelan sistem, protipe model, model
analog, variable dalam model, model emepirik, teori similitude, teori maphi dan
model-model terapan “distorted model” (model aliran fluida, model fisik balok
dan model thermal), dissimilar model dan prinsip-prinsip analogi, macam
pemborosan dalam operasional perusahaan, kapabiltas proses, efisiensi operasi
dan efektivitas operasional.

 

TEPN
317 Sumber Tenaga Pertanian
                                                       2(2-0)

Mata Kuliah Sumber
Tenaga Pertanian ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah
ini menguasai konsep tentang prinsisp kerja tenaga penggerak dalam bidang
peralatan dan mesin-mesnin pertanian untuk mampu melakukan perekayasaan
mesin pertanian dan
pengolahan hasil pertanian dan pangan, mampu mengelola, mengembangkan dan
meningkatkan mutu kerja sama baik di lembaganya maupun lembaga lain, dengan
mengutamakan kualitas hasil dan ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan dan
mampu mengembangkan dan menerapkan otomatisasi sistem pengendalian dan
pelacakan otomatisasi pada kegiatan produksi dan distribusi komoditi pertanian
dan pangan.
Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut
maka mahasiswa akan mempelajari tentang Motor Bakar, Motor Listrik, Sistem
Pelumasan dan Pendinginan pada motor bakar dan sistem transmisi daya.

 

Deskripsi
Mata
Kuliah Semester IV

FTPL009
Metode Ilmiah                                                                               2(2-0)

Mata kuliah Metode
Ilmiah ini dirancang untuk mahasiswa agar setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai konsep tentang metode Ilmiah dan etika akademik, sebagai dasar untuk
mampu melakukan penelitian, mengeksplorasi, mengembangkan ipteks dalam bidang
teknik pertanian dan biosistem, serta mendesiminasikan karya ilmiah
dibidangnya. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka
mahasiswa akan mempelajari tentang konsep metode ilmiah, etika ilmiah dan
plagiarism, tata cara penyusunan dan menyusun proposal penelitian, tata cara
penyusunan laporan penelitian, pembuatan artikel ilmiah untuk publikasi,
pembuatan poster ilmiah dan tata cara presentasi ilmiah secara oral.

 

 

 

TEPL418 Sistem
dan Manajemen Keteknikan Pertanian
               3(2-1)

Mata Kuliah Riset
Operasional Lanjut ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah
ini menguasai konsep tentang teknik problem-solving
dalam situasi dinamis dan probabilistik, sebagai dasar untuk mampu
mengkonstruksikan model keputusan yang menghasilkan solusi optimal serta mampu
mengaplikasikannya dalam penyelesaian permasalahan terkait dengan kegiatan
operasional dalam menghasilkan produk atau jasa agribisnis dan atau industri
agro. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa
akan mempelajari tentang konsep ketidakpastian dan kejadian stokastik,
perumusan formulasi model integer
programming
, penyelesaian kasus dengan dynamic
programming
, pemrograman non-liner, analisa proses dengan Litle’s Law,
reduksi biaya terus-menerus dengan pendekatan Lean-Six Sigma
.

 

TEPL419
Pengukuran dan Instrumentasi
                                             3(2-1)

Mata Kuliah Pengukuran dan Instrumentasi ini
dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep
tentang
pengukuran
dan instrumentasi dalam bidang dasar-dasar keteknikan untuk mampu
mengimplementasikan pengetaahuan ini dan membuat keputusan dalam pemilihan
metode pengukuran dan instrumen yang tepat untuk diterapkan dalam bidang
keteknikan dan biosistem.
Untuk dapat mengem­bangkan
capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang
Karakteristik pengukuran
dan instrumen, pengukuran variabel spasial, pengukuran variabel mekanik yang
berupa padatan, fluida, termal dan kimia, dasar-dasar pengolahan sinyal, peraga
dan dasar-dasar data acquisition.

 

TEPL420
Teknik Irigasi dan Drainase
                                                    3(2-1)

Mata Kuliah Teknik Irigasi dan Drainase
ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai
teknologi pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, mampu merancang produk
teknologi sumberdaya alam, menguasai teknik pertanian non konvensional, serta
mampu merancangbangun dan mengelola sistem pertanian non konven
­sional. Untuk mencapai capaian pembelajaran tersebut, maka
maka mahasiswa akan mempelajari tentang pengertian irigasi dan drainase,
macam-macam sistem irigasi, kebutuhan air tanaman, kebutuhan air irigasi,
efisiensi irigasi, dan teknik distribusi air irigasi, serta perencanaan sistem
irigasi dan drainase yang sesuai pada lahan pertanian secara umum dan daerah
irigasi khususnya.

 

TEPL421
Teknik Pengolahan Hasil Pertanian
                                    3(2-1)

Mata Kuliah Teknik Pengolahan Hasil
Pertanian ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai dasar-dasar teknik dalam pengolahan komoditi hasil pertanian untuk
mampu melakukan perekayasaan menjadikan sebagai bahan baku industri atau
berbagai bentuk lainnya serta mampu mengeksplorasi bergama inovasi dalam upaya
mempertahankan dan mendayagunakan komoditi hasil pertanian secara optimal.
Untuk mencapai capaian pembelajaran tersebut, maka maka mahasiswa akan
mempelajari tentang
pembersihan dan pemutuan, penggi­lingan
(size reduction), pencampuran (mixing), psikometrik, pengeringan biji-bijian,
pendinginan, pompa, kompresor, dan kipas, pemisahan (desti
­lasi),
mesin penanganan bahan olah, kondisi proses dan aplikasi teknologi.

TEPL422
Pemograman Komputer
                                                            3(2-1)

Mata Kuliah Pemograman Komputer ini
dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai tentang
dasar-dasar pemograman dengan menggunakan bahasa program tertentu untuk mampu
menunjukkan
kinerja mandiri, bermutu, dan terukur serta mampu menunjukkan sikap
bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Untuk mencapai capaian
pembelajaran tersebut, maka maka mahasiswa akan mempelajari tentang
engenalan komputer dan
dasar pemrograman, dasar pemrograman
visual BASIC,
perintah masukan dan perintah keluaran, perintah kendali, perintah looping
(kalang), array (larik), record, berkas data (data file), subprogram,
subroutine dan function, program sederhana dengan visual basic, pemrograman
dengan variabel lokal, global, data file, lompatan, kalang dan prosedur.

 

TEPL423
Teknik Pemetaan Lahan
                                                           3(2-1)

Mata Kuliah Teknik Pemetaan Lahan ini
dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai
dasar-dasar pengukuran lahan, mampu mengambil keputusan secara tepat dalam
konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis
informasi dan data, serta mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara
mandiri. Untuk mencapai capaian pembelajaran tersebut, maka maka mahasiswa akan
mempelajari tentang Pemahaman umum peta, jenis-jenis peta, kelengkapan peta,
alat-alat ukur pemetaan, teknik pengukuran sudut dan luas, jarak horizontal,
penguntingan tunggal, penguntingan berikutan, beda tinggi, poligon, kontur,
ploting peta,

 

Deskripsi
Mata
Kuliah Semester V

FTPN003 Kewarganegaraan                                                                       2(2-0)

Mata Kuliah
Kewarganegaraan dirancang agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep tentang sikap dan tata nilai untuk mampu berperan
sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme
serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa, mampu menjunjung tinggi nilai
kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika serta
mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
bernegara, dan kemajuan peradaban. Untuk dapat mengembangkan capaian
pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang
sejarah
pendidikan kewarga
­negaraan,
hak asasi manusia, hak dan kewajiban warganegara Indonesia, bela negara,
demokrasi, wawasan nusantara, ketahanan nasional, dan politik strategi
nasional.

 

TEPL524
Teknik Pengolahan Pangan
                                                     3(2-1)

Mata Kuliah Teknik Pengolahan Pangan ini
dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai
dasar-dasar teknik dalam pengolahan pangan untuk mampu melakukan perekayasaan
proses dasar dalam pengolahan pangan, serta mampu mendesain proses sesuai
dengan standar mutu proses yang diberlakukan di industri pangan.
Untuk
dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan
mempelajari tentang
sistem
pengawetan pangan, kinetika reaksi dalam pengolahan pangan, rheologi bahan
pangan, proses pemisahan bahan pangan, pemanasan pangan, termodinamika
pembekuan pangan, proses pengentalan pangan,dan pengeringan bahan pangan.

 

TEPL525
Teknik Irigasi Subak                                                                   3(2-1)

Mata Kuliah Teknik Irigasi Subak ini
dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai teknologi
pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, mampu merancang produk teknologi
sumberdaya alam, mampu mengeksplorasi beragam inovasi yang mendukung keberlan
­jutan dibidang pertanian, menguasai teknik irigasi subak, dan
mampu merancangbangun dan mengelola sistem irigasi subak. Untuk mencapai
capaian pembelajaran tersebut, maka maka mahasiswa akan mempelajari tentang
definisi, sejarah, dan struktur organisasi subak, subak sebagai sistem irigasi,
sistem pengelolaan air irigasi subak pada saluran, saat olah tanah, dan saat
tanam dan strategi pengembangan subak
.

 

TEPL526
Rancangan Teknik
                                                                       3(2-1)

Mata Kuliah Rancangan Teknik ini
dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep
tentang perekayasaan untuk mampu merancangbangun alsintan tepat guna yang
ergonomis, bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan. Untuk mencapai capaian pembelajaran tersebut, maka
maka mahasiswa akan mempelajari tentang Proses perancangan teknik yang diaplikasikan
oleh insinyur, Analisa Tegangan dan Regangan, Defleksi akibat beban aksial dan
punter, Proses perancangan teknik, Prosedur dan analisa pemilihan jenis dan
ukuran komponen peralatan pertanian, Prosedur dan analisa pemilihan jenis dan
ukuran komponen mesin pertanian, Prosedur dan analisa pemilihan jenis dan
ukuran komponen bangunan pertanian
.

 

TEPL527
Mekanotrika
                                                                                   3(2-1)

Mata Kuliah Mekanotrika ini dirancang
untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep tentang
penerapan elektronika dalam proses mekanisasi pertanian dan biosistem untuk
mampu merancang alat-alat berbasis elektronika di bidang keteknikan pertanian
dan biosistem untuk mendukung kegiatan pertanian dan agroindustri modern
seperti controlled environment agriculture, precission farming, non-destructive
quality measurement
dan penanganan pascapanen. Untuk dapat mengembangkan
capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang komponen
elektronika, senso
r dan
aktuator
, ADC,
multiplekser, komunikasi serial, mikrokontroler dan pemrograman mikrokontroler.

 

TEPL528
Sistem Kontrol dan Otomatisasi
                                            3(2-1)

Mata Kuliah Sistem Kontrol dan
Otomatisasi ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai konsep tentang kendali variebel-variabel dalam sistem dan otomatisasi
fungisi pengendalian variab
el sistem untuk mampu
merancang sistem pengendalian dan otomatisasi pada bidang keteknikan pertanian
dan biosistem. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka
mahasiswa akan mempelajari tentang sistem kontrol, aktuator, pengolah sinyal,
peraga analog dan digital, mode
kontrol dan
penerapan kontrol dalam otomasi proses.

 

 

 

TEPL529
Manajemen Rantai Pasok
Pertanian                                   3(2-1)

Mata Kuliah Manajemen Rantai Pasok
Pertanian ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini;
menguasai konsep tentang sistem layanan distribusi dan logistik berbasis
teknologi informasi dan komunikasi untuk mampu mengelola, mengembangkan dan
meningkatkan mutu kerja sama kemitraan, dengan mengutamakan kualitas hasil dan
ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan serta mampu mengembangkan desain sistem
layanan distribusi dan logistik yang efsien. Untuk dapat mengembangkan capaian
pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang konsep dayasaing
dan strategi bersaing, prinsip-prinsip dasar manajemen rantai pasokan, struktur
dan jalur rantai pasok pertanian, fungsi-fungsi manajemen dalam rantai pasokan,
desain sistem logistik terintegrasi, peranan ICT dalam rantai pasokan, dan
pengukuran kinerja rantai pasokan

 

Deskripsi
Mata
Kuliah Semester VI

FTPL010 Kewirausahaan                                                                             3(2-1)

Mata Kuliah Kewirausahaan ini dirancang
untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep tentang
enter dan technopreneurship untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar serta mampu
mengembangkan
bidang kewirausahaan yang sekaligus sebagai pelaku utama pada bidang
agribisnis, agrowisata dan bidang usaha agroindustri.
Untuk dapat mengembangkan
capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang berbagai
komoditi pertanian unggulan, diagram alir proses , pasar dan segmen pasar,
strategi pemasaran, business plan, struktur modal dan sumber pembiayaan,
tahapan membangun usaha, kolaborasi dan kemitraan usaha, diversifikasi usaha.

 

TEPL630
Energi dan Elektrifikasi
                                                            3(2-1)

Mata Kuliah Energi dan Elektrifikasi ini
dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep
tentang sumber energi baru dan terbarukan yang penting untuk mampu
mengaplikasikannya dalam pengembangan pertanian dan agroindustr
i, mampu memilih dan memanfaat­kan sumber-sumber energi yang ramah lingkungan dan merancang
produksi energi baru dan terbarukan sebagai penyedia listrik untuk kegiatan
pertanian dan agroindustri. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran
tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang konsep dasar energi, potensi
dan peranannya, sumber-sumber energi baru dan terbarukan, pengembangan listrik
untuk masyarakat perdesaan dan listrik sebagai penggerak usaha pertanian.

 

TEPL631
TIK dalam Bidang Pertanian
                                                   2(2-0)

Mata TIK dalam Bidang Pertanian ini
dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep
tentang pemanfaatan TIK dalam penyediaan informasi yang bisa diakses dengan
menggunakan teknologi internet untuk mampu membuat keputusan yang tepat, akurat
dan cepat dalam upaya pembangunan pertanian.
Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa
akan mempelajari tentang pemangku kepentingan bidang pertanian, penyajian
informasi melalui website, agriculture
e-auction
dan infrastrtur TIK untuk menunjang pembangunan pertanian.

 

TEPL632
Sistem Manajemen Mutu
                                                          2(2-0)

Mata Kuliah Sistem Manajemen Mutu ini
dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini; menguasai konsep
tentang sistem pengeloaan mutu secara menyeluruh sebagai landasan melaksanakan
praktek berproduksi yang baik  untuk
mampu memimpin penerapan standar-standar sistem manajemen mutu tertentu pada
suatu institusi dan atau perusahaan serta mampu menyelarasakan persyaratan
prosedur operasional standar dengan kemampuan yang dimiliki organisasi/
perusahaan.  Untuk dapat mengembangkan
capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang konsep
mutu dan total quality management, penjaminan dan penilaian kesesuaian mutu,
praktek berproduksi yang baik dan efisien, sistem manajemen keamanan pangan
(HACCP), sistem manajemen mutu ISO 9001:2008, sistem manajemen mutu ISO
22000:2005, sistem manajemen mutu spesifik komoditi dan sertifikasi
Indikasi-Geografis
.

 

TEPL633
Alat dan Mesin Pertanian
                                                         3(2-1)

Mata Kuliah Alat dan Mesin Pertanian ini
dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai Mesin
Pertanian serta Pengolahan Hasil pertanian dan pangan untuk mampu mengelola,
mengembangkan dan meningkatkan mutu kerja sama baik di lembaganya maupun
lembaga lain, dengan mengutamakan kualitas hasil dan ketepatan waktu
menyelesaikan pekerjaan serta mampu mengembangkan dan menerapkan otomatisasi
sistem pengendalian dan pelacakan otomatisasi pada kegiatan produksi dan
distribusi komoditi pertanian dan pangan. Untuk dapat mengembangkan capaian
pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang Perhitungan Daya
Pada Traktor, Alat dan Mesin Pra Panen , dan Alat dan Mesin Pascapanen Hasil
pertanian.

 

TEPL634
Statistika dan Rancangan Percobaan
                                 3(2-1)

Mata Kuliah Statistika dan Rancangan
Percobaan ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai teori dasar statistika dan perancangan percobaan sebagai dasar untuk
mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di
bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data, serta mampu
melakukan penelitian, mengeksplorasi, mengembangkan dan mengaplikasi
­kan ipteks dalam bidang teknik pertanian dan biosistem. Untuk
dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan
mempelajari tentang konsep pengolahan data penelitian, statistika deskriptif,
statistika inferensia, analisis regresi, rancangan acak lengkap (RAL),
rancangan acak blok (RAB), dan Rancangan Faktorial
.

 

TEPL635 Kesehatan dan Keselamatan Kerja                                      3(2-1)

Mata Kuliah Kesehatan
dan Keselamatan Kerja ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata
kuliah ini menguasai
resiko kerja dan cara mengelola kesehatan dan keselamatan
kerja untuk mampu menyususn desain tata letak peralatan dan instruksi kerja di
setiap statsiun kerja sesuai dengan ketentuan regulasi dan prinsip-prinsip
praktek berproduksi yang baik.
Untuk dapat mengembangkan capaian
pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang
risiko bahaya di tempat
kerja, sistem manajemen K3, PPPK, medisain alat pelindung diri dan perlengkapan
K3 di laboratorium, Kesehatan dan keselamatan kerja terhadap mikroorganisme,
Penanganan limbah medis dan non medis, Desinfeksi, dekontaminasi dan
sterilisasi, Pencegahan kebakaran dan penanggulanggannya, Ergonomi dan
produktifitas kerja.

 

TEPL636 Konservasi Lahan Pertanian                                                   3(2-1)

Mata Kuliah Konservasi Lahan Pertanian
ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai
teknologi pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, mampu merancang produk
teknologi sumberdaya alam, mampu mengeksplorasi beragam inovasi yang mendukung
keberlanjutan dibidang pertanian, serta mampu bekerja sama dan memiliki
kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Untuk
mencapai capaian pembelajaran tersebut, maka maka mahasiswa akan mempelajari
tentang definisi erosi, jenis, proses dan faktor-faktor yang mempengaruhi
terjadinya erosi , erosi diperbolehkan, teknik konservasi secara biologi dan
teknik sipil, klas kemampuan lahan dan penggunaannya dan kajia
n lahan kritis.

 

TEPL637 Analisis Mutivariat                                                                      3(2-1)

Mata Kuliah Analisis
Mutivariat ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai konsep dasar tentang pengolahan data banyak varibel dengan teori
stastistik multivariabel sebagai dasar untuk mampu mengambil keputusan secara
tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan
hasil analisis informasi dan data, serta mampu melakukan penelitian dan mengeksplorasi,
fenomena manajemen agroindustri yang kompleks. Untuk dapat mengembangkan
capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang Konsep
statistic,vector dan operasi matrik, analisis komponen utama, analisis factor,
analisis cluster, regresi berganda, dan analisis linier struktural.

 

TEPL638 Analisis Rantai Nilai                                                                  3(2-1)

Mata Kuliah Analisis
Rantai Nilai ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai konsep kemitraan rantai nilai sebagai panduan dalam memahami peran
pelaku-pelaku utama dalam rantai nilai di sector pertanian dan menentukan
pilihan-pilihan intervensi yang mungkin terlaksana dan mampu mendesain
pengembangan sistem rantai nilai agri
­bisnis yang mampu mengentaskan
kemsikinan. Untuk dapat mengembang
­kan capaian pembelajaran tersebut maka
mahasiswa akan mempelajari tentang konsep utama rantai nilai, analisis rantai
nilai dengan titik masuk kaum petani kecil, menentukan prioritas rantai nilai
untuk analisis, memetakan rantai nilai, analisis rantai nilai dari aspek tata
kelola, analisis keterkaitan, keterhubungan dan keterpercayaan, menganalisis
opsi pengembangan, menganalisis biaya dan marjin, menganilisis distribusi
pendapatan, dan menganalisis distribusi lapangan kerja.

 

TEPL639 Teknik Pendinginan dan Pembekuan                                 3(2-1)

Mata Kuliah Teknik
Pendinginan dan Pembekuan ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata
kuliah ini menguasai tentang konsep kerja
peralatan dan mesin yang digunakan dalam pengawetan hasil
pertanian dan pangan dengan cara pendinginan dan pembekuan untuk mampu
menerapkan teknik-teknik pendinginan dan pembekuan (dan merancangan alat/mesin
pendinginan dan pembekuan.
Untuk dapat mengembangkan capaian
pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang
prinsip dasar pendinginan
dan pembekuan, sifat termal pangan beku, kinetika pendinginan dan pembekuan,
respon fisikokimia pangan dan perancangan sistem pembekuan.

 

TEPL640 Teknik Pengeringan                                                                    3(2-1)

Mata Kuliah Teknik
Pengeringan ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai tentang
konsep
pelepasan air yang terkandung pada komoditi hasil pertanian untuk mampu
melakukan penelitian, mengeksplorasi, mengembangkan dan mengaplikasikan ipteks
dalam bidang teknik pertanian dan biosistem dan menunjukkan sikap
bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Untuk
dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan
mempelajari tentang
kadar air
dalam produk pertanian, Sifat udara lembab dan diagram psikrometrik, Laju pengeringan
dan kurva laju pengeringan, Dasar-dasar pemilihan alat pengering, Tipe-tipe
alat pengeringan dan Teknologi Pengering mutahir

 

Deskripsi
Mata
Kuliah Semester VII

FTPL011 Praktek Kerja Lapangan                                                            2(02)

Praktek Kerja
Lapngan (PKL) adalah kegiatan praktek yang dilak­sanakan oleh mahasiswa di
suatu tempat. Tempat PKL bisa berupa perusa­haan/industri/instansi pemerintah
yang memiliki relevansi dengan bidang-bidang Ilmu Teknologi Pertanian. Praktek
kerja ini dilakukkan dalam jangka waktu 1 bulan
.
Tujuan dari PKL adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
mengetahui dan mengenal secara langsung seluruh atau sebagian proses yang ada
di tempat PKL. Dengan demikian dapat diharapkan mahasiswa akan memiliki
kemampuan untuk mempelajari suatu proses dan mengembangkan daya nalar kritis
terhadap fokus permasalahan yang ada di tempat PKL.

 

FTPL012 Kuliah
Kerja Nyata
                                                                      3(03)

Kuliah Kerja
Nayata (KKN) adalah salah satu bentuk kegiatan peng­abdian kepada masyarakat
yang dilakukan oleh mahasiswa secara berkelom­pok dari bidang ilmu yang berbeda
di desa yang sudah ditentukan. Tujuan dari pelaksanaan KKN adalah untuk
memberikan mahasiswa kesempatan mengembangkan kemampuan softskills-nya sehingga mampu berkarya seca­ra mandiri atau
berkelompok dalam memberikan alternatif penyelesaian permasalahan yang sedang
dihadapi warga masyarakat
.

 

TEPL737
Fisiologi dan Teknik Pascapanen Hortikultura
              4(3-1)

Mata Kuliah Fisiologi dan Teknik
Pascapanen Hortikultura ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata
kuliah ini; menguasai konsep teknik penanganan pasapanen produk hortikultura
segar untuk mampu mengembangkan teknologi pascapanen penyiapan produk bagi
kebutuhan tingkat pasar yang berbeda; mampu menerapkan teknik pascapanen produk
hortikultura yang baik untuk mempertahankan mutu dan masa simpan; mampu
menganalisis serta mengkritisi berbagai praktek penanganan pascapanen produk
hortikultura untuk melakukan perrbaikannya; dan mahasiswa dapat bekerja dalam
suatu tim untuk merancang projek terkait dengan perbaikan penanganan pascapanen
produk hortikultura. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut
maka mahasiswa akan mempelajari tentang fungsi sel dan organ-organnya, proses
metabolisme, stadia perkembangan, perubahan fisik-morfologis, mengeksplorasi
perbeda
­an fase produksi dan pascapanen,
persepsi mutu konsumen, perbedaan kematangan fisiologis dan kematangan
hortikultura dan indeks panen. Mahasiswa akan mengkaitkan stress pascapanen
dengan perkembangan teknologi pascapanen berdasarkan pertimbangan fisiologis,
fisik-morfologis, patologis dan ekonomis. Mahasiswa akan melakukan analisis dan
mengkaitkan faktor-faktor pemicu kemunduran mutu produk dengan karakteristik
pascapanen, pentingnya teknologi pendinginan dan rantai pendingin, serta
penyiapan produk untuk pasar melalui operasi bangsal pengemasan dengan
mempertimbangkan aspek manajemen mutu.

 

TEPL738
Sistem Informasi Geografis
                                                     3(2-1)

Mata Kuliah Sistem Informasi Geografis
ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai
konsep sistem informasi manajemen berbasis data spasial untuk mampu mengambil
keputusaan dalam pemanfaatan ruang (kawasan) untuk berbagai aktivitas pertanian
yang sesuai serta mampu menyajikan sisten informasi yang dimaksud dengan
menggunakan software yang telah umum digunakan. Untuk mencapai capaian
pembelajaran tersebut, maka maka mahasiswa akan mempelajari tentang
runag
lingkup variabel spasial, komponen SIG, ruang lingkup SIG, manajemen tataguna
lahan, inventarisasi sumberdaya alam dan pembangunan kegiatan pertanian berbasis
keunggulan spasial
.

 

FTPL013 Usulan
Penelitian
                                                                         1(0-1)

Mata kuliah
ini
dirancang dengan maksud agar setelah menyelesaikan kuliah ini
mahasiswa mampu membuat usulan penelitian yang fokus untuk meneliti/mengamati
fenomena yang tekait dengan bidang keahlian yang ditekuninya. Dengan
menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dihimpun mahasiswa pada
semester-semester sebelumnya, mahasis­wa melakukan analisis kritis, kreatif dan
inovatif mulai dari menggali hal-hal yang melatarbelakangi suatu masalah,
merumuskan permasalahan, mencari dan mengumpulkan kutipan yang relevan dengan
permasalahan, merumus­kan dan memilih metode penelitian/pengamatan serta
pengolahan data yang tepat untuk masalah yang akan diteliti/diamatinya
.

 

TEPL740
Studi Lapang
                                                                                  1(0-1)

 

TEPL741 Teknik Konservasi Energi                                                         3(2-1)

Mata Kuliah Teknik
Konservasi Energi ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah
ini menguasai tentang
sumber-sumber energi dalam lingkup bioenergi dan teknik
konversinya untuk mampu menerapkan teknik konversi energi yang bersumber dari
sumber-sumber energi baru dan terbarukan dan mampu merancang sistem konversi
bioenergi untuk men
­dukung kegiatan pertanian
dan agroindustri. Untuk mencapai capaian pembelajaran tersebut, maka mahasiswa
akan mempelajari tentang sumber bioenergi, jenis bioenergi, teknik konversi
bioenergi dan potensi pengem
­bangan bioenergi di
perdesaan.

 

TEPL742 Ergonomi Pertanian                                                                    3(2-1)

Mata Kuliah Ergonomi Pertanian ini
dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai konsep
tentang studi gerak dan waktu dan struktur antrophometri tubuh pekerja untuk
mampu mendesain peralatan dan stasiun kerja pada sistem operasional
agroindustri. Untuk mencapai capaian pembelajaran tersebut, maka maka mahasiswa
akan mempelajari tentang bentuk hubungan manusia, Konsep dan peranan ergonomi
dalam Industri pertanian, Anthropometri dan dimensi tubuh manusia, Ergonomi
dalam Perancangan tempat kerja,
Penerapan criteria
ergonomika di bidang pertanian, Macam-macam sistem control, Interaksi tools
dengan manusia, Faktor-faktor Lingkungan kerja terhadap Tenaga Kerja, Kelelahan
Kerja dan waktu Istirahat dan Penerapan Ergonomi di industri pertanian.

 

TEPL743 Teknik Pengolahan Limbah Pertanian                               3(2-1)

Mata Kuliah Teknik pengolahan Limbah
Pertanian ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai konsep tentang prinsip dan metode produksi zerowaste untuk mampu
menerapkan
pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan
atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan kese
­hatan
lingkungan pada bidang agroindustri serta mampu menunjukkan sikap
bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Untuk mencapai capaian
pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang produksi bersih,
macam dan karakteristik limbah pertanian, metode pengolahan limbat padat,
metode pengolahan limbah cair, aspek keteknikan dalam pengolahan limbah,
pendayagunaan limbah pertanian, dan instalasi pengolahan limbah pertanian,

 

TEPL744 Teknik Greenhouse dan Fertigasi                                         3(2-1)

Mata Kuliah Teknik Greenhouse dan
Fertigasi ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai konsep sistem produksi dalam ruang terkendali untuk mampu merancang
produk teknologi sumberdaya alam, menguasai teknik pertanian non konvensional,
dan mampu merancangbangun dan mengelola sistem pertanian non konven
­sional. Untuk mencapai capaian pembelajaran tersebut, maka
maka maha
­siswa akan mempelajari tentang
pengertian greenhouse, rancangan fungsional greenhouse, rancangan
struktural greenhouse, analisis biaya greenhouse, hidroponik,
pengertian & keuntungan fertigasi, peralatan ferti
­gasi, kriteria pemilihan alat, kriteria pupuk untuk pertanian
& kualitas air manajemen fertigasi

 

TEPL745 Audit Energi                                                                                   3(2-1)

Mata Kuliah Audit Energi
ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini menguasai
tentang
konsep
tentang prinsip-prinsip dan metode untuk melakukan audit pemakaian energi untuk
mampu mengevaluasi pemakian energi dalam operasionaliasi kegiatan agroindustri,
dan mampu meningkatkan efisiensi penggunaan energinya.
Untuk
dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan
mempelajari tentang

pemanfaatan energi dalam proses produksii, kebutuhan energi per satuan produk,
peralatan/mesin dalam suatu proses produksi dan identifikasi aliran energinya,
analisis sistem pasokan energy, analisis eksergi, perhitungan efisiensi
penggunaan energy dan strategi pemanfaatan energy.

 

 

 

TEPL746 Penginderaan Jarak Jauh                                                        3(2-1)

Mata Kuliah Penginderaan
Jarak Jauh ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai tentang pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena
oleh sebuah alat yang tidak secara fisik melakukan kontak dengan objek tersebut
untuk mampu mendesain database yang berkaitan dengan teresterial dan pengamatan
cuaca dan mampu menyajikan data sebagai sumber informasi yang berguna dalam
peren
­canaan pembangunan pertanian yang berbasis agroklimat. Untuk mencapai capaian
pembelajaran tersebut, maka mahasiswa akan mempelajari tentang pengertian
penginderaan jarak jauh menurut pakar, komponen penginderaan jarak jauh, teknik
pengumpulan data, keunggulan, keterbatasan dan kelemahan penginderaan jarak
jauh, pemanfaaran data penginderaan jarak jauh bidang klimatologi dan
hidrologi.

 

TEPL747 Teknik Pengemasan                                                                     3(2-1)

Mata Kuliah Teknik
Pengemasan ini dirancang untuk mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
menguasai tentang
konsep
tentang fungsi dan berbagai bentuk kemasan untuk mampu merancang desain kemasan
serta mampu merancangbangun berbagai bentuk kemasan untuk produk hasill
pertanian dan pangan.
Untuk dapat mengembangkan capaian
pembelajaran tersebut maka mahasiswa akan mempelajari tentang
peranan dan fungsi pengemasan dalam
penyimpanan bahan pangan. Macam dan sifat bahan pengemas plastik, kayu, kertas,
bahan pengemas tradisional dan logam. Teknik pengemasan bahan pangan
berdasarkan aspek migrasi gas, pencemaran bahan pangan dan pengaruh lingkungan,
serta penentuan umur simpan. Teknik penyimpanan dengan suhu rendah, udara
terkendali, kontrol atmosfir, serta tekanan rendah.

 

TEPL748 Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan                               3(2-1)

Mata kuliah Teknik
Pengolahan Hasil Perkebunan ini dirancang untuk mahasiswa agar setelah
mengikuti mata kuliah ini menguasai
konsep dan prinsip biokemistri sebagai dasar pertimbangan dalam teknik
pengolahan hasil tanaman perkebunan tropis yang sangat potensial dan bernilai
tinggi sebagai komoditas ekspor yang telah secara luas diusahakan di Indonesia
(panili, coklat dan kopi). Mahasiswa menguasai konsep dan mampu meng
­aplikasikan teknik pengolahan
serta menguasai prinsip rancangan peralatan pengolahan ketiga komoditas
tersebut. Untuk dapat mengembangkan capaian pembelajaran tersebut mahasiswa
akan mempelajari sekilas tentang budidaya ketiga tanaman tersebut, mempelajari
tentang kondisi pascapanen dan perubahan biokemistri selama pengolahannya,
prinsip dasar teknik pengolahan dan rancangan peralatan yang digunakan dan
melaksanakan kunjungan praktik pengolahan di lapang serta praktik dan
demosntrasi langsung di laboratorium.

 

TEPL749 Teknik Pengolahan Hasil Perikanan                                   3(2-1)

Mata kuliah Teknik
Pengolahan Hasil Perikanan ini dirancang untuk mahasiswa agar setelah mengikuti
mata kuliah ini menguasai konsep dan
prinsip biokimia sebagai dasar pertimbangan dalam teknik pengolahan hasil
perikaban yang sangat potensial dan bernilai tinggi sebagai komoditas ekspor
yang telah secara luas diusahakan di Indonesia dan mahasiswa menguasai konsep
dan mampu mengaplikasikan teknik pengolahan serta menguasai prinsip rancangan
peralatan pengolahan ikan segar tersebut. Untuk dapat mengembangkan capaian
pembelajaran tersebut mahasiswa akan mempelajari sekilas tentang budidaya
perikanan tangkap, parameter kesegaran ikan, standar mutu bahan baku ikan,
penanganan ikan segar, pengasapan ikan, pemindangan ikan, diversifikasi produk
olahan ikan, perubahan biokemistri selama pengolahannya, prinsip dasar teknik
pengolahan dan rancangan peralatan yang digunakan dan melaksanakan kunjungan
praktik pengolahan di lapang serta praktik dan demosntrasi langsung di
laboratorium.

 

TEPL750 Retail Produk Segar                                                                    3(2-1)

Mata Kuliah Ritel Produk
Segar Hortikultura dirancang agar mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini
memiliki pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu penge
­tahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannya, mampu mengembangkan bidang kewirausahaan yang
sekaligus sebagai pelaku utama pada bidang industri produk segar hortikultura
dengan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. Untuk dapat mengembangkan capaian
pembelajaran terse
­but mahasiswa akan mempelajari tentang konsep departemen produk segar
hortikultura, sistem penerimaan dan penyimpanan barang / produk, sistem kendali
dan rotasi stok produk, pengetahuan tentang karakteristik produk, serta
penanganan dan perawatan produk. Mahasiswa juga akan melakukan studi langsung
pada industry ritel produk hortikultura

 

Deskripsi
Mata
Kuliah Semester VIII

FTPL014 Seminar Hasil
Penelitian
                                                          1(0-1)

Mahasiswa
melakukan seminar dari hasil penelitiannya yang sudah ditu­lis dalam bentuk
makalah seminar. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan kesempatan kepada
mahasiswa untuk secara aktif mengko­munikasikan hasil penelitiannya. Disamping
itu, kegiatan ini menjadi wadah untuk mengembangkan softskills dalam hal menanggapi sanggahan dan menerima saran
perbaikan. Setelah melakukan seminar diharapkan mahasis­wa mampu menyampaikan
hasil penelitiannya dan meningkatkan kemampu­an analisis dan sintesisnya.

 

FTPL015 Skripsi                                                                                               6(06)

Skripsi ditulis
oleh mahasiswa dengan tujuan memberikan pengetahuan dan pengalaman dalam
membuat karya ilmiah tertulis. Dengan menulis skripsi diharapkan mahasiswa akan
ampu mengembangkan daya nalar dan akan memiliki kemampuan analisis yang kritis
terhadap suatu masalah, dengan selalu memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan,
teknologi dan seni yang sesuai dengan bidang ilmu yang dikembangkan program
studinya. Skripsi merupakan tulisan ilmiah hasil dari suatu penelitian yang
dilaksana­kan baik dalam bentuk percobaan maupun survei.