INFO REVISI TERBARU JADWAL KULIAH SEMESTER GANJIL 2017/2018

Program Kerja


1. LKMM & Soft Skill
LKMM atau Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa & Soft Skill adalah program kerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian yang merupakan kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa/i Fakultas Teknologi Pertanian. Selain itu mahasiswa/i Fakultas Teknologi Pertanian juga dilatih agar mampu berpikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk olahan dari bahan hasil pertanian sehingga dapat meningkatan jiwa kepemimpinan dan jiwa wirausaha dari mahasiswa. Dalam kegiatan ini mahasiswa akan dilatih bekerja dalam kelompok sehingga dapat melatih kerjasama antarindividu dengan mengendalikan sikap individualisme. Kegiatan LKMM & Soft Skill dilaksanakan pada bulan Februari yaitu pada tanggal 17, 18 dan 19 Februari 2017.

2. Bazaar FTP
Bazaar Fakultas Teknologi Pertanian merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk bazaar yang di dalamnya terdiri dari stand-stand dari masing-masing jurusan yang ada di Fakultas Teknologi Pertanian. Dimana masing-masing stand akan menyediakan beberapa menu yang dapat ditukarkan dengan kupon yang telah disediakan dan disebarkan oleh panitia. Selain itu, disajikan pula hiburan musik yang dapat menjadi hiburan tambahan untuk peserta bazaar yang dating. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat rasa kekeluargaan di dalam Fakultas Teknologi Pertanian serta untuk memperkenalkan FTP di kalangan masyarakat melalui penjualan kupon.

3. PORTETA (Pekan Olahraga Teknologi Pertanian)
Pekan Olahraga Teknologi Pertanian atau disingkat Porteta merupakan kegiatan yang bertemakan olahraga dan dilaksanakan dengan tujuan sebagai wadah untuk mahasiswa/i Fakultas Teknologi Pertanian dalam menuangkan bakat-bakatnya dalam bidang olahraga sehingga potensi yang ada dapat tersalurkan dan sekaligus dapat menyaring bakat-bakat yang berpotensi untuk dijadikan perwakilan Fakultas Teknologi Pertanian dalam perlombaan bidang olahraga di luar fakultas seperti Dies Natalis maupun perlombaan antarfakultas. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan Mei 2017.

4. BISMA
BISMA atau Bakti Ilmiah Sosial Mahasiswa merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mahasiswa Fakultas teknologi Pertanian untuk angkatan termuda atau untuk yang belum pernah mengikuti BISMA. Kegiatan ini dilakukan sebagai implementasi dari tri dharma perguruan tinggi yaitu dalam bidang pengabdian masyarakat. Dimana dalam kegiatan ini mahasiswa/i Fakultas Teknologi Pertanian akan dilatih untuk dapat menerapkan ilmu Teknologi Pertaniannya langsung pada masyarakat pada daerah tertentu. Selain itu peserta juga diharapkan mampu melatih dan meningkatkan sikap sosialnya dan mampu bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Pelaksanaan kegiatan BISMA ini direncanakan akan dilaksanakan pada awal bulan Mei 2017.

5. Student Day FTP
Student Day Fakultas Teknologi Pertanian adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk mahasiswa angkatan termuda dan mahasiswa yang belum mengikuti kegiatan tersebut sebelumnya. Kegiatan ini dilakukan sebagai sarana orientasi dan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru Fakultas Teknologi Pertanian. Pelaksanaan Student Day ini akan dilakukan pada bulan Agustus 2017.

6. Dies Natalis
Kegiatan Dies Natalis sebagai program kerja BEM FTP Unud dilakukan dalam rangka acara Dies Natalis Universitas Udayana. Dimana nantinya akan dibentuk kontingen atau tim yang akan mewakili Fakultas Teknologi Pertanian dalam berpastisipasi sebagai delegasi di kegiatan Dies Natalis Unud. Kontingen yang dibentuk terdiri dari tim-tim yang akan mengikuti lomba seperti Kontemporer, Defile, Futsal, dll. Pelaksanaan kegiatan ini megikuti jadwal Dies Natalis Universitas Udayana yang diperkirakan pada bulan September-Oktober 2017.

7. GALAXY
GALAXY (Gelar Apresiasi Aksi dan Seni) merupakan suatu festival musik yang menampilkan para peserta (band-band) dari berbagai aliran musik. Tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk menampung segala aspirasi dan kreativitas di kalangan mahasiswa Fakultas Teknologi pertanian khususnya dalam bidang seni musik. Selain itu acara ini juga dapat dijadikan sarana untuk lebih mengenalkan Fakultas Teknologi Pertanian kepada masyarakat luas. Acara ini juga dapat menjadi acuan untuk menjaga rasa persatuan dan kesatuan antar mahasiswa khusunya mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian.

8. Pelatihan Kaderisasi
Kegiatan pelatihan kaderisasi untuk mahasiswa/i Fakultas Teknologi Pertanian merupakan kegiatan dalam rangka untuk membentuk calon-calon pemimpin baik untuk FTP maupun di bidang lainnya sehingga dengan adanya pelatihan kaderisasi ini diharapkan dapat melahirkan kader-kader yang tangguh secara tertstruktur melalui leadership education. Dalam pelatihan ini nantinya mahasiswa/i akan dibentuk dan dituntun untuk mampu menjadi calon pemimpin yang kompeten dan berdedikasi untuk FTP maupun di luar FTP. Pelaksanaan kegiatan ini direncanakan pada bulan Oktober-November 2017.

9. Seminar Nasional FTP
Seminar Nasional Fakultas Teknologi Pertanian merupakan program kerja BEM FTP Unud periode 2017 yang merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk pemaparan materi dari narasumber-narasumber yang berkompeten dengan tema materi yang berkiatan dengan bidang ilmu Teknologi Pertanian. Sasaran dari kegiatan ini selain dari mahasiswa/i Fakultas Teknologi Pertanian juga menyasar pada masyarakat umum di luar fakultas. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada bulan September atau bulan Oktober 2017.

 

Program kemahasiswaan di FTP, Universitas Udayana diarahkan untuk:

  • Membentuk mahasiswa yang terampil dengan ilmu sebagai alat untuk mencapai tujuan;
  • Membentuk mahasiswa yang berwawasan luas sehingga setelah lulus menjadi sarjana siap wawasan;
  • Membentuk mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan.

Program kemahasiswaan di FTP menurut bidangnya dikategorikan menjadi bidang penalaran, minat dan bakat, pengabdian masyarakat dan kesejahteraan mahasiswa. Guna merangsang pelaksanaan program tersebut diterapkan pembinaan melalui satuan kredit partisipasi (SKP) yaitu suatu sistem yang digunakan untuk mengukur peran serta mahasiswa dalam mengikuti kegiatan kemahasiswaan.

Khusus untuk program kesejahteraan mahasiswa telah diterapkan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, hasil kerjasama pihak Universitas Udayana dengan beberapa instansi pemerintah maupun swasta.