INFO REVISI TERBARU JADWAL KULIAH SEMESTER GANJIL 2017/2018

Organisasi

Organisasi kemahasiswaan tingkat fakultas meliputi Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sesuai dengan Keputusan MenDikBud RI No. 155/U/1998, tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.

BLM adalah organisasi kemahasiswaan yang berfungsi legislative yaitu menentukan garis-garis besar program kemahasiswaan, mengevaluasi pelaksanaan program kemahasiswaan yang dijalankan BEM, serta memberikan masukan, pemikiran dan usulan aspiratif mahasiswa kepada pimpinan fakultas. Sementara itu, BEM merupakan organisasi kemahasiswaan yang berfungsi eksekutif yaitu melaksanakan program ekstrakulikuler yang digariskan BLM berupa pengembangan minat, bakat, kegemaran, kesejahteraan mahasiswa, pengabdian masyarakat, kegiatan – kegiatan penalaran dan ilmiah mahasiswa termasuk memberikan masukan pemikiran aspiratif mahasiswa kepada pimpinan fakultas. Keanggotaan BLM dan BEM ditentukan berdasarkan aspirasi mahasiswa FTP melalui pemilihan secara langsung. Secara organisatoris BLM dan BEM berada di bawah koordinasi Pembandu Dekan III.

Sementara itu, organisasi kemahasiswaan tingkat jurusan berupa Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yaitu organisasi kemahasiswaan yang berfungsi sebagai wahana pelaksanaan kegiatan profesi yang bersifat penalaran dan keilmuan sesuai dengan bidang studi pada masing-masing jurusan. Kegiatan HMJ terkoordinasi dengan program kerja BEM.

Anggota HMJ adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar pada jurusan yang bersangkutan dan berkewajiban mengikuti kegiatan-kegiatan profesi yang diprogramkan oleh HMJ. Nama HMJ dapat dikembangkan oleh mahasiswa di jurusan masing-masing. Organisasi HMJ dijalankan oleh kepengurusan HMJ yang dipilih dari, oleh, dan untuk mahasiswa di jurusan bersangkutan.