INFO REVISI TERBARU JADWAL KULIAH SEMESTER GANJIL 2017/2018

PELATIHAN PENELAAHAN ARTIKEL ILMIAH SECARA ONLINE DI JURNAL ILMIAH TEKNOLOGI PERTANIAN AGROTECHNO

 

 

 

 

 

Ilmu pengetahuan pada hakekatnya untuk kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, peneliti wajib mempublikasikan hasil kajiannya sehingga bisa diakses oleh masyarakat untuk peningkatan kualitas hidupnya. Mempublikasikan hasil karya itu sendiri merupakan proses untuk menjadikan hasil karya seorang peneliti menjadi milik masyarakat dan bebas digunakan oleh masyarakat untuk kepentingan umum. Karena itu, keberadaan lembaga publikasi sangat diperlukan oleh peneliti juga oleh masyarakat.
Era internet memberikan dukungan yang sangat besar bagi keberadaan lembaga publikasi, dimana hasil karya bisa dipublikasikan dengan daya sebar yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Proses “serah terima” hasil karya ini dapat dilakukan dengan efektif dan sangat efesien. Bayangkan saja, detik suatu karya dipublikasikan, detik itu pula bisa diakses oleh masyarakat yang terhubung dengan jaringan internet, dimanapun berada dan kapanpun.
Implementasi Open Journal System (OJS) dalam pengelolaan jurnal, memungkinan proses publikasi menjadi real-time, paperless, dan recorded. Karena itu, Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian Agrotechno Fakultas Teknologi Pertanian, yang mulai diresmikan pada tahun 2015 bergegas untuk memobilisasi pengelolaan jurnal dari manual system ke online system dengan OJS. Salah satu bagian yang perlu digerakkan lebih awal adalah para penelaah (reviewer) untuk bisa mengubah proses penelaahan (review) artikel dari paper base ke digital base. Untuk itu, Redaksi menyelenggarakan pelatihan proses penelahaan artikel ilmiah secara online. Kegiatan diiukti oleh 17 penelaah internal Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian Agrotechno Fakultas Teknologi Pertanian. Dengan penyelenggaraan kegiatan ini, diharapkan transisi dari manual system ke online system bisa dipercepat. Sebagai uji coba awal, proses publikasi edisi Volume 2 Nomor 2 tahun 2017 yang akan terbit pada bulan oktober 2017 akan dijalankan dengan system online murni. Mohon doa restu, semoga proses ini bisa berjalan lebih cepat.